Kegelapan Versus Cahaya

Apa itu kondisi gelap. Dan bagaimana itu cahaya terang.

Gelap adalah kondisi dimana tidak ada cahaya.

Kalau malam sedang gelap gulita, orang-orang tak bisa melihat secara jelas, dan bertubrukan satu sama lain, berarti sedang diselimuti kegelapan.

Yang ditawarkan oleh kegelapan adalah kondisi dimana seseorang menjadi buta karena tak ada cahaya. Sehingga yang terjadi adalah kekacauan.

Lalu apa tujuan tulisan ini. Kalau sekedar pendefinisian tentang gelap dan terang, cahaya dan kebutaan, sebaiknya bisa langsung ngacir saja ke situs sejenis wikipedia, mungkin pembahasannya lebih menyeluruh.

Tapi yang terpenting adalah penarikan definisi kegelapan ini ketingkat yang lebih abstrak dan kedalam. Dimana yang dimaksud dengan kegelapan ternyata bisa masuk-masuk ke berbagai dimensi-dimensi, misalnya, kegelapan akal dan hati. Ah, itu sudah kuno, katamu.

Bagaimana dengan kegelapan spiritual?

Ck, Itu topik lama juga.

Baiklah, tapi sekurang-kurangnya aku ingin menawarkan teori tentang bagaimana mengangkat kegelapan. Disini tentu yang kumaksud kegelapan mental. Sebab ia jauh lebih seram. Dan jika mental sudah dalam kondisi gelap, bisa-bisa jiwamu nabrak-nabrak sebab tak melihat cahaya. Akhirnya jiwamu terkilir.

Apakah aku pakar pencahayaan, sehingga sesumbar memberi tips bagaimana mengangkat gelap dan meraih cahaya terang.

Justru karena hidupku gelap, akhirnya jadi tahu dan rindu dengan cahaya. Karena lama dikegelapan, akhirnya harus terpaksa mempelajari dan menemukan kunci pencahayaan. Analoginya sederhana: untuk menghayati hakekat sehat, hanya orang sakit yang sanggup melakukannya secara lebih sejati.

Kegelapan adalah sesuatu yang harus digusur. Dengan apa? Cahaya. Kenapa? Karena didalam kegelapan, semua hal yang buruk gampang terjadi.

Untuk menghajar kegelapan, perangkatnya satu, hati. Untuk memakai perangkat itu, sedikit hal simpel mesti sanggup dilakukan; bersihkan ia dari benci.

Maka cahaya akan pasti muncul menindas kegelapan. Cahaya tak bisa dibendung. Dia mengguyur begitu saja. Cahaya menerobos masuk kemana saja. Merubah gelap menjadi benderang.

0 comments: